SOSIALISASI RENCANA ALIH STATUS STP-DM SEBAGAI PTK KATOLIK NEGERI OLEH DIRJEN BIMAS KATOLIK RI

Pada tanggal 1 Mei 2024, bertepatan dengan hari Buruh Internasional, Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Dian Mandala Gunungsitoli dikunjungi oleh Rombongan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik Republik Indonesia. Adapun maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah “Sosialisasi tentang Rencana Perubahan Status STP Dian Mandala Gunungsitoli dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri” di bawah naungan Dirjen Bimas Katolik RI.
Adapun yang hadir pada kunjungan tersebut adalah Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI Bapak Drs. Suparman, S.E., M.Si., Direktur Pendidikan Katolik Bapak Dr. Salman Habeahan, S.Ag., M.M., Kasubdit Pendidikan Tinggi Bapak Yuven Sepur, S.Fil, M.Si., Sekretaris Dirjen Bapak Gregorius S.Fil, Ibu Adriana Damayanthi S.Kom, Pembimas Katolik Propinsi Sumatera Utara Bpk. Marihutua Pasaribu, S.Fil., Kasi Bimas Katolik Kota Gunungsitoli Bapak Setiawan Ndruru, S.H., dan Plt. Kasi Bimas Katolik Kabupaten Nias Bapak Robert Arozatulo Zebua, S.Ag.
Kegiatan sosialisasi diawali dengan sapaan pembukaan oleh Wakil Ketua bidang Akademik, Ibu Evimawati Harefa, S.Ag, M.Ag., dilanjutkan dengan Lagu Indonesia Raya, Doa Pembukaan oleh Dr. Alfons Seran, M.Th., Ucapan selamat datang oleh Ketua STP Dian Mandala, Dr. Dominikus Doni Ola, M.Th., dan Arahan dan Bimbingan dari Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI Bapak Suparman S.E, M.Si.
Dalam sosialisasi tersebut, Ketua STP Dian Mandala dalam kata pengantarnya mengatakan bahwa “Di kepulauan Nias, masyarakat Katolik sangat membutuhkan pendidikan yang lebih berkualitas, mengingat beberapa Kabupaten Nias adalah daerah terluar, tertinggal dan termiskin. Hal senada juga dikatakan mewakili Pengurus Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga bahwa “Pendidikan di wilayah Keuskupan Sibolga sudah harus dikelola dengan baik. jika nanti suatu ketika STP Dian Mandala berproses menjadi Perguruan Tinggi Negeri, maka semoga STP Dian Mandala tidak ditinggalkan tetapi harus diperhatikan dengan baik”.
Setelah kegiatan sosialisasi tersebut, rombongan Dirjen Bimas Katolik beristirahat sejenak untuk makan siang dan istirahat. Pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2024. Pertemuan tentang sosialisasi tersebut diakhiri dengan lagu Hymne STP Dian Mandala yang dinyanyikan oleh civitas akademika STP Dian Mandala Gunungsitoli serta Doa Penutup oleh Sr. Caroline Naibaho, KYM. (psl)